JAKARTA - Meski sempat absen di masa pandemi, kini IDN Media kembali menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 bertajuk 'Indonesia Fast Forward'. IMGS2022 hadir sebagai wadah bagi anak bangsa untuk dapat saling menginspirasi melalui berbagai macam kontribusi positif bagi Indonesia dalam sesi inspiratif bersama para pemimpin nusantara.
Indonesia Millennial and Gen-Z Summit diselenggarakan secara offline di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta selama dua hari, pada 29-30 September 2022. Tahap pertama, Visionary Leaders, akan menghadirkan para pemimpin dari sektor publik dan swasta untuk berdiskusi mengenai isu sosial, permasalahan politik, serta perekonomian di Indonesia. Sementara itu, panggung kedua bertajuk Future Is Female yang dibawakan oleh POPBELA.com akan menghadirkan beberapa tokoh perempuan Indonesia yang inspiratif untuk bertukar cerita tentang pentingnya peran dan kepemimpinan perempuan saat ini. Terakhir ada panggung Talent Trifecta yang dipersembahkan oleh ICE yang akan memberikan kesempatan bagi para public figure dan generasi muda sukses di berbagai bidang untuk berdiskusi mengenai isu-isu terkini dan kontribusinya bagi Indonesia.
IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara berkompeten di berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan hingga kepemimpinan milenial. Acara milenial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 pemimpin masa depan Indonesia. Pada IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z dan Millennial Report 2022. Survei ini dilakukan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.
Survei ini dilakukan pada periode 27 Januari – 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan wilayah aglomerasi, IDN Times ingin menyajikan potret Gen Z Indonesia secara jelas dan utuh, sehingga dapat lebih memahami dan membentuk mereka sebagai pemimpin masa depan bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di website kami, IDN Times.
Pada hari pertama tanggal 29, terdapat panel yang membahas tentang live streaming Talent Trifecta di acara IMGS 2022 bersama para pakar yaitu Bangpen (Content Creator & Streamer), Rado Ardian (CEO NOICE), dan Ogie Baringbing (Head Streaming Langsung Lazada Indonesia)
1. Menurut Bangpen, dalam membuat live streaming harus memiliki personal branding yang kuat
Kalau membahas konten live streaming, menurut Bangpen, personal branding dari streamer itu sangat penting. Mereka yang melakukan live streaming harus stand up atau tampil menonjol dengan keunikannya masing-masing dan tetap harus menjaga keamanan penontonnya. Menurutnya, penting juga untuk melihat wave atau sesuatu yang sedang ramai dan menjadikannya konten, namun tetap menjaga ciri khas dan personal brandingnya agar tidak hilang agar engagement tetap kuat.
2. Live stream dengan konten yang tepat bisa membuat perbedaan menurut Rado Ardian dari NOICE
Menurut Rado Ardian (CEO NOICE), jika live streaming disajikan dengan baik maka akan memberikan pesan positif. Salah satu kelebihan dari live streaming adalah dapat memberikan dan mengubah sesuatu yang tidak ada menjadi kenyataan, dan tentunya dalam ranah yang baik. NOICE sendiri sangat mendukung hal ini, terutama dari para pembuat konten yang dapat memberikan relevansi dan dapat membuat pendengar dan pemirsa merasa berelasi.
3. Live streaming bisa menjadi ajang mendongkrak peluang perekonomian menurut Ogie Baringbing dari Lazada
Ogie Baringbing (Head of Live Streaming Lazada Indonesia) mempunyai pendapat mengenai live streaming dari sudut pandang ekonomi dan penjualan produk. Menurutnya, apalagi di masa pandemi seperti dulu, live streaming khususnya melalui platform Lazada bagi para penjual dapat menarik pelanggan, tentunya meningkatkan penjualan dan bisnis. Tentu saja pihak Lazada sendiri memberikan panduan bagi para penjual agar dapat melakukan live streaming yang baik dan dapat berinteraksi dengan pelanggan.
Untuk Sesi pertama di panggung Talent Trifecta bertajuk “Konsumsi Media & Teknologi + Livestream: Tren Streaming Masa Depan”. Sesi ini menghadirkan CEO NOICE, Rado Ardian; Kepala Livestreaming Lazada Indonesia, Ogie Baringbing; dan Pembuat Konten & Streamer, Bangpen. Sesi ini membahas tentang perkembangan live streaming di Indonesia yang semakin digandrungi masyarakat dan diprediksi akan menjadi format konten populer di masa depan.
Comments
Post a Comment